MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL - KONSEP USAHA
Kelompok:
Anggelia Utami (10215779)
Ardhika Rama Putra (10215939)
Muhammad Alhatami (14215352)
Muhammad Nafis (14215701)
Wahyu Fachrurozi (17215082)
Visal Getar Assyifa (17215057)
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah
segala puji kita panjatkan kepada Allah atas nikmat yang tak terhingga. Kami telah
berusaha dengan kemampuan, tenaga, waktu, dan pikiran guna menghasilkan karya
tulis ini dalam rangka berpartisipasi dalam tugas kuliah Manajaemen Pemasaran Globalisasi. Tujuannya agar kami dapat mencoba menuangkan ide-ide kami ke dalam
suatu rencana bisnis dalam dunia usaha.
Berbagai
informasi dan referensi telah kami baca guna menunjang penulisan proposal
rencana usaha yang lebih mendalam bagi mahasiswa/i. Serta melakukan beberapa
percobaan guna menjadi bahan untuk kebenaran dalam proposal kami.
Semoga proposal
sederhana ini dapat memberi nilai lebih untuk para dewan penilai dan dapat
diterima dengan sebaik-baiknya. Besar harapan kami, agar proposal ini dapat
mengantarkan kami ke tahap merealisasikan rencana usaha kami.
Depok, 7 Januari 2019
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR………………….........………………………………………........... i
DAFTAR
ISI …………………………………………………………………….................. ii
BAB
1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
…………………..………………................................................
1
1.2 Profil Usaha..…………………....……………......…............................................ 2
1.3 Tujuan Usaha…………………………………..........……………….……..…..... 3
1.4 Visi
Usaha............................................................................................................... 3
1.5 Misi
Usaha.............................................................................................................. 3
BAB
2. PEMBAHASAN
2.1 Analisis Peluang Usaha ( SWOT ).................................................................... 4
2.1.1 Kekuatan ( Strenght ).............................................................................. 4
2.1.2 Kelemahan (
Weakness )......................................................................... 4
2.1.3 Peluang ( Opportunity )........................................................................... 4
2.1.4 Ancaman ( Threats )................................................................................
5
2.2
Marketing Mix...................................................................................................
5
2.2.1 Product (
Produk ).................................................................................. 5
2.2.2 Price (
Harga ).........................................................................................
5
2.2.3 Promotion (
Promosi )............................................................................
5
2.2.4 Place (
Tempat
)......................................................................................
6
2.3
Proses Produksi.................................................................................................. 6
2.3.1 YAMPYUS...............
…………………..................................................
6
2.4
Perencanaan
Keuangan.......................................................................................
7
2.4.1 Modal.......................................................................................................
7
2.4.2
Pengeluaran..............................................................................................
7
2.4.3 Analisis
Pendapatan dan Keuntungan...................................................... 8
2.4.4 Perhitungan
Keuntungan......................................................................... 9
2.5 Laporaran
Laba
Rugi........................................................................................ 9
BAB
3. PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Di
Indonesia memiliki banyak kuliner dan juga rempah-rempah, oleh karena itu
banyak sekali wisatawan yang datang ke Indonesia untuk menyipi berbagai makanan
di Indonesia yang sangat lezat. Kebanyakan makanan yang diolah adalah ayam.
Ayam merupakan hewan yang paling digemari untuk dijadian masakan karena
struktur daging yang lembut dan tidak sulit jika dimasak berbeda dengan daging
sapi dan kambing. Adapun ayam kampung yang mempunyai daging lebih enak dan
lebih mahal.
Di pasar banyak sekali makanan berbahan dasar ayam seperti
soto ayam, sate ayam, ayam pecel, ayam geprek, ayam rica-rica dan masih banyak
lagi. Kami telah menciptakan inovasi terbaru dengan olahan ayam yang diberi tepung
dengan berbagai macam saus dan disajikan dengan nasi.
Dilihat dari harga yang relative mahal
akan tetapi banyak sekali kecintaan orang-orang terhadap daging ayam, maka dari itu kami
mencoba membuat suatu alternatif ayam fillet yang diberi tepung dengan tidak merubah
bentuk hanya saja kami menorehkan sebuah inovasi yang kami temukan yaitu menggunakan aneka rasa yaitu CreamJu (krim
keju), Gross (green sauce), Teriyaki Sauce yang original kita buat sendiri. Dengan
harga yang kami tawarkan hanya sekitar Rp 13.000,00/per pack.
Disini kami mempertahankan
kualitas rasa
yang dipadukan dengan daging
ayam. Kami
mengambil tema yaitu serba serbi olahan daging ayam.
Kami ingin mengembangkan di daerah Depok, karena olahan daging ayam dengan 3 aneka rasa yang kami buat akan laku dipasaran.
Usaha bisnis yang akan kami dirikan bernama “YAMPYUS” yang memiliki Jagonya Ayam Kampus yang ditaburi aneka
rasa yang bikin mulut ketagihan.
1.2.
Profil Usaha
Nama Perusahaan : YAMPYUS
Bidang Usaha :
Usaha Dagang
Jenis Produk :
Olahan daging ayam
Motto Produk : Jagonya Ayam Maknyus
No.Telpon : 082285216600
Bentuk Badan :
Hukum Perseorangan
Inovasi
bisnis dari usaha dagang
Shilin ialah ingin memperkenalkan suatu
olahan daging ayam yang biasa
dibuat makanan Taiwan
food street dengan proses olahan inovasi baru
yaitu menggunakan daging
ayam dengan 3 aneka rasa bumbu. Kami menggunakan 2
jenis tipe inovasi dalam produk kami yaitu :
1. Inovasi
produk,
yaitu kami melibatkan olahan daging ayam yang biasanya
dimakan dengan aneka rasa. Namun diproduk kita kali
ini, kita akan membuat inovasi baru, dimana Yampyus disajikan dengan nasi dan 3
macam saus.
2. Inovasi
pemasaran, usaha dagang YAMPYUS
atau “ Jagonya Ayam
Maknyus” ini lebih mengutamakan jenis berdagang dengan stand jika bermodalkan lebih
besar. Tetapi di awal penjualan akan memulai dengan menjual dengan Stand dan di
box kecil tahan panas dengan logo kami.
Tujuan dari Inovasi kami yaitu :
1. Memperluas tujuan pasar agar dapat
dinikmati semua kalangan
2. Menciptakan
varian rasa dari
olahan dagang
3. Menambahkan
ide dalam pengolahan dagang
4. Membuka
usaha dengan tema internasional
5. Tetap
tidak menggunakan ongkos atau
biaya yang besar
1.3.
Tujuan Usaha
Tujuan dari usaha dagang YAMPYUS antara
lain :
1. Memperoleh
keuntungan sebesar-besarnya dari usaha dagang olahan dagang ini
2. Menambah
pengalaman dan wawasan berwirausaha dalam melakukan kegiatan usaha dagang olahan
dagang ini .
3. Meningkatkan
kepercaya dirian dalam melakukan usaha
4.
Meningkatkan semangat,
sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan
mahasiswa dan mampu di
andalkan dalam berwirausaha .
1.4. Visi Usaha
Visi
usaha kami yakni menciptakan sebuah inovasi olahan
jajanan makanan Taiwan dengan penuh kreatifitas dengan mempertahankan
cita rasa Indonesia
.
1.5.
Misi Usaha
Adapun misi yang
kami coba terapkan adalah :
1. Memberikan
kualitas jajanan dengan resep kami yang terbaik.
2. Memberikan
pelayanan yang baik dalam berdagang
3. Mendirikan
organisasi bisnis dalam memperluas dan memperkenalkan produk lebih luas
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Analisis Peluang Usaha (SWOT)
Diketahui bahwa
analisis SWOT ialah perencanaan strategi yang digunakan untuk mengevaluasi
kekuatan (strength), kelemahan
(weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Secara detail
nya inilah masing-masing dari analisis peluang usaha SWOT :
2.1.1.
Kekuatan
( Strength )
a. Penyajian
Yampyus
ini sangatlah mudah hanya menaruh nasi dan ayam yang sudah digoreng ke dalam box kemudian di siram oleh
saus buatan Yampyus yaitu CreamJu (krim keju), Gross (green sauce), Teriyaki
Sauce.
b. Harga
dari Yampyus
ini murah untuk kalangan mahasiswa dan masyarakat karena harganya sendiri
berkisar Rp. 13.000,00.
c. Yampyus ini memiki
rasa unik dan bernuansa baru sehingga dapat menarik perhatian orang-orang.
d. Perlengkapan
dalam berdagang Yampyus
ini mudah didapatkan .
2.1.2. Kelemahan ( Weakness )
a. Pemilihan
lokasi berdagang sangat mempengaruhi terhadap ramainya pembeli.
b. Harga
ayam dan saus
disini sangat mempengaruhi terhadap tingkat produksi.
2.1.3. Peluang ( Opportunity )
a. Karena
produk yang di dagangkan jarang
diperjualbelikan di kalangan kampus bisa menjadi peluang
untuk menarik perhatian masyarakat dikarenakan masyarakat tidak begitu
mengetahui olahan Yampyus
dengan aneka macam rasa
atau bumbu.
b. Yampyus atau olahan ayam
bisa dinikmati oleh segala kalangan dan usia.
2.1.4. Ancaman ( Threats )
Ancaman
yang mungkin dihadapi yaitu ketika pelayanan kurang memuaskan dan ada orang
lain yang mencoba membuka usaha YAMPYUS “Jagonya Ayam Maknyus” juga
konsumen akan mencoba untuk pindah berlangganan membeli dan bisa mengancam
kebangkrutan, maka dari itu ide dan kreatifitas dalam produk maupun strategi
pemasaran harus kuat.
2.2. Marketing Mix
Pengertian dari
marketing mix
tersebut adalah gabungan dari beberapa elemen yang dilakukan untuk menjalankan
kegiatan usaha secara terpadu. Didalam marketing mix ini terdapat 4 elemen yang
akan di dalami yaitu produk, price
(harga), promotion
(promosi) ,dan place (tempat) atau yang sering dikenal dengan marketing mix 4P
. Kita lihat satu persatu elemen dari usaha dagang Yampyus ini :
2.2.1.
Product
( Produk
)
Yang
akan kami tawarkan adalah YAMPYUS
dengan menggunakan nasi dan kuah atau saus khas bikinan kami
serta menarik dan sangat lezat rasanya. Dari segi kemasan
produk kami menggunakan Box berlabel usaha dagang kami yaitu Yampyus. Dari segi pelayanan
kami mengutamakan kenyamanan pembeli dengan keterampilan penyajian.
2.2.2.
Price
( Harga
)
Harga
yang kami tawarkan untuk produk jajanan YAMPYUS kami sangatlah terjangkau di kalangan
mahasiswa dan masyarakat, kami jual berkisar Rp.13.000,00
2.2.3.
Promotion
( Promosi
)
Promosi yang kami
lakukan dalam awal membuka usaha dagang YAMPYUS ini menggunakan informasi digital dan informasi
dari mulut ke mulut dengan meminta pembeli memberi tahukan kepada rekannya tentang YAMPYUS yang kami dagangkan .
2.2.4.
Place
( Tempat
)
Tempat yang menjadi
sasaran utama adalah pinggir jalan raya dan dekat kampus perkuliahan, jika kita
memiliki modal yang besar mungkin bisa menyewa lapak atau ruko untuk berjualan
.
2.3. Proses Produksi
2.3.1.
YAMPYUS
a. Bahan-bahan
·
Ayam
·
Telor
·
Tepung terigu
·
Bawang Putih dan Lada
·
Tepung Panir
·
Bumbu-bumbu
·
Minyak goreng
b. Cara membuat
1.
Bumbu kan ayam dengan lada,bawang putih,dan garam.
2.
Lalu baluti
ayam yang sudah dibumbui dengan tepung,telor,dan tepung panir.
3.
Goreng lah ayam
yang telah ditepungi dengan api kecil
4.
Tunggulah
sampai ayam terlihat goldenbrown
5.
Lalu angkat
ayam dan tiriskan.
6.
Masukan nasi
dan ayam ke dalam box.
7.
Sajikan ayam
dengan menuangkan saus sesuai dengan
selera.
8.
Makan pun siap disantap
2.4. Perencanaan Keuangan
2.4.1.
Modal
Modal
awal yang kami miliki berupa peralatan dagang seperti :
·
Gunting
·
Gas
·
Pisau
·
Talenan
·
Wajan
·
Capitan
·
Lap
·
Kompor
portable
Dan disertai
modal berupa uang yang di dapat dari patungan / kontribusi setiap anggota untuk
membeli bahan-bahan dan pelengkap dalam berdagang sebesar Rp 236.000,00.
2.4.2.
Pengeluaran
Pengeluaran
awal dagang berdasarkan data sementara dengan kemampuan modal kami untuk
membeli bahan dan perlengkapan penyajian produk dalam satu hari . Bahan dan
perlengkapan :
Ayam 1
kg : Rp. 50.000,00
Telor
½ kg :
Rp. 10.000,00
Tepung terigu : Rp. 12.000,00
Tepung Panir : Rp. 25.000,00
Bumbu-bumbu : Rp. 25.000,00
Box :
Rp. 55.000,00
Minyak goreng : Rp. 12.000,00
Nasi :
Rp.20.000,00
Jumlah
Total untuk bahan perlengkapan perhari: Rp
209.000,00
Jika di
akumulasikan per bulan yaitu Rp.209.000,00 x 30 = Rp 6.270.000,00
Beban-beban :
·
Sewa tempat (misalkan
depan toko) sebulan Rp.10.000,00 x 30 = Rp 300.000,00
Jumlah Total untuk beban-beban lainya
perbulan : Rp 300.000,00
Jumlah total
dari pengeluaran perbulan antara bahan baku dengan beban yaitu sekitar Rp 6.270.000,00
+ Rp 300.000,00
= Rp 6.570.000,00.
2.4.3.
Analisis Pendapatan dan Keuntungan
Analisa untuk usaha
dagang Yampyus
ini diambil data rata-rata per hari berjualan , yaitu sekitar Rp. 209.000,00
dari pengeluaran
biaya belanja bahan perlengkapan dagang dan beban-beban . Dari bahan yang sudah
tertera di atas kita dapat rata-rata kan bisa menyajikan sekitar 45 pack Jika diambil
angka pahit tidak dapat habis seluruh barang yang dijual , misalkan :
·
Yampyus
45 pack = Rp 13.000,00 x 45 = Rp 585.000,00
Jadi
jumlah total penjualan 30 hari dari modal Rp. 6.270.000,00 akan mendapatkan laba
kotor sekitar Rp 585.000,00
x (30) = Rp17.550.000,00
2.4.4.
Perhitungan Keuntungan
Laba kotor – Modal
Rp 17.550.000,00 – Rp 6.270.000,00
= Rp 11.280.000,00 ( satu
bulan )
Jadi
, keuntungan yang didapatkan dalam satu
bulan Rp 11.280.000,00
2.5.
Laporan Laba Rugi
Usaha
Yampyus
Laporan
Laba Rugi
Per
30 Januari
2018
Satu
Bulan
A.
Pendapatan Usaha Rp 17.550.000,00
B.
Beban Usaha
1.
Beban Sewa Lapak Rp 300.000,00
2.
Beban Bahan Baku Rp 6.270.000,00
Jumlah Beban Usaha Rp. 6.570.000,00 -
Laba Bersih Rp 10.980.000,00
|
BAB III
PENUTUP
Demikianlah proposal bisnis ini
kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita
semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala
Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak
lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu
dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima
oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai
usaha yampyus ini.
Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan
usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang
membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa
proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga
saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi
lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami
mengucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar