Selasa, 22 Januari 2019

Manajemen Pemasaran Global 4


 MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL - KONSEP USAHA





Kelompok:
Anggelia Utami (10215779)
Ardhika Rama Putra (10215939)
Muhammad Alhatami (14215352)
Muhammad Nafis (14215701)
Wahyu Fachrurozi (17215082)
Visal Getar Assyifa (17215057)
     
 
KATA PENGANTAR


Alhamdulillah segala puji kita panjatkan kepada Allah atas nikmat yang tak terhingga. Kami telah berusaha dengan kemampuan, tenaga, waktu, dan pikiran guna menghasilkan karya tulis ini dalam rangka berpartisipasi dalam tugas kuliah Manajaemen Pemasaran Globalisasi. Tujuannya  agar kami dapat mencoba menuangkan ide-ide kami ke dalam suatu rencana bisnis dalam dunia usaha.
Berbagai informasi dan referensi telah kami baca guna menunjang penulisan proposal rencana usaha yang lebih mendalam bagi mahasiswa/i. Serta melakukan beberapa percobaan guna menjadi bahan untuk kebenaran dalam proposal kami.
Semoga proposal sederhana ini dapat memberi nilai lebih untuk para dewan penilai dan dapat diterima dengan sebaik-baiknya. Besar harapan kami, agar proposal ini dapat mengantarkan kami ke tahap merealisasikan rencana usaha kami.

                                                                                      


         Depok, 7 Januari 2019







DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR………………….........………………………………………...........     i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………..................    ii
BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang …………………..………………................................................     1   
1.2 Profil Usaha..…………………....……………......…............................................    2
1.3 Tujuan Usaha…………………………………..........……………….……..….....    3
1.4 Visi Usaha...............................................................................................................    3     
            1.5 Misi Usaha..............................................................................................................    3

BAB 2. PEMBAHASAN
2.1 Analisis Peluang Usaha ( SWOT )....................................................................   4
2.1.1 Kekuatan ( Strenght )..............................................................................   4
2.1.2 Kelemahan ( Weakness ).........................................................................   4
2.1.3 Peluang ( Opportunity )...........................................................................   4
2.1.4 Ancaman ( Threats )................................................................................   5
2.2 Marketing Mix...................................................................................................   5
2.2.1 Product ( Produk )..................................................................................    5
2.2.2 Price ( Harga ).........................................................................................   5
2.2.3 Promotion ( Promosi )............................................................................    5
2.2.4 Place ( Tempat )......................................................................................   6

2.3 Proses Produksi..................................................................................................   6
2.3.1 YAMPYUS............... …………………..................................................   6
2.4 Perencanaan Keuangan.......................................................................................   7
2.4.1 Modal.......................................................................................................    7
2.4.2 Pengeluaran..............................................................................................    7
2.4.3 Analisis Pendapatan dan Keuntungan......................................................   8
2.4.4 Perhitungan Keuntungan.........................................................................    9
2.5 Laporaran Laba  Rugi........................................................................................    9

BAB 3. PENUTUP
           












BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang
Di Indonesia memiliki banyak kuliner dan juga rempah-rempah, oleh karena itu banyak sekali wisatawan yang datang ke Indonesia untuk menyipi berbagai makanan di Indonesia yang sangat lezat. Kebanyakan makanan yang diolah adalah ayam. Ayam merupakan hewan yang paling digemari untuk dijadian masakan karena struktur daging yang lembut dan tidak sulit jika dimasak berbeda dengan daging sapi dan kambing. Adapun ayam kampung yang mempunyai daging lebih enak dan lebih mahal.
Di pasar banyak sekali makanan berbahan dasar ayam seperti soto ayam, sate ayam, ayam pecel, ayam geprek, ayam rica-rica dan masih banyak lagi. Kami telah menciptakan inovasi terbaru dengan olahan ayam yang diberi tepung dengan berbagai macam saus dan disajikan dengan nasi.
Dilihat dari harga yang relative mahal akan tetapi banyak sekali kecintaan orang-orang terhadap daging ayam, maka dari itu kami mencoba membuat suatu alternatif ayam fillet yang diberi tepung dengan tidak merubah bentuk hanya saja kami menorehkan sebuah inovasi yang kami temukan yaitu menggunakan aneka rasa yaitu CreamJu (krim keju), Gross (green sauce), Teriyaki Sauce yang original kita buat sendiri. Dengan harga yang kami tawarkan hanya sekitar Rp 13.000,00/per pack.
 Disini kami mempertahankan kualitas rasa yang dipadukan dengan daging ayam. Kami mengambil tema yaitu serba serbi olahan daging ayam. Kami ingin mengembangkan di daerah Depok, karena olahan daging ayam dengan 3 aneka rasa yang kami buat akan laku dipasaran. Usaha bisnis yang akan kami dirikan bernama “YAMPYUS” yang memiliki Jagonya Ayam Kampus yang ditaburi aneka rasa yang bikin mulut ketagihan.




1.2.      Profil Usaha
Nama Perusahaan                    : YAMPYUS
Bidang Usaha                         : Usaha Dagang          
Jenis Produk                            : Olahan daging ayam
Motto Produk                         : Jagonya Ayam Maknyus
No.Telpon                               : 082285216600
Bentuk Badan                         : Hukum Perseorangan
            Inovasi bisnis dari usaha dagang Shilin ialah ingin memperkenalkan suatu olahan daging ayam yang biasa dibuat makanan Taiwan food street dengan proses olahan inovasi baru yaitu menggunakan daging ayam dengan 3 aneka rasa bumbu. Kami menggunakan 2 jenis tipe inovasi dalam produk kami yaitu :
1.      Inovasi produk, yaitu kami melibatkan olahan daging ayam yang biasanya dimakan dengan aneka rasa. Namun diproduk kita kali ini, kita akan membuat inovasi baru, dimana Yampyus disajikan dengan nasi dan 3 macam saus.
2.      Inovasi pemasaran, usaha dagang YAMPYUS atau “ Jagonya Ayam Maknyus” ini lebih mengutamakan jenis berdagang dengan stand jika bermodalkan lebih besar. Tetapi di awal penjualan akan memulai dengan menjual dengan Stand dan di box kecil  tahan panas dengan logo kami.
Tujuan dari Inovasi kami yaitu :        
1.      Memperluas tujuan pasar agar dapat dinikmati semua kalangan
2.      Menciptakan varian rasa dari olahan dagang
3.      Menambahkan ide dalam pengolahan dagang
4.      Membuka usaha dengan tema internasional
5.      Tetap tidak menggunakan ongkos atau biaya yang besar



1.3.      Tujuan Usaha
Tujuan dari usaha dagang YAMPYUS antara lain :
1.      Memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dari usaha dagang olahan dagang ini
2.      Menambah pengalaman dan wawasan berwirausaha dalam melakukan kegiatan usaha dagang olahan dagang  ini .
3.      Meningkatkan kepercaya dirian dalam melakukan usaha
4.      Meningkatkan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan
mahasiswa dan mampu di andalkan dalam berwirausaha .

1.4.      Visi Usaha
Visi usaha kami yakni menciptakan sebuah inovasi olahan jajanan makanan Taiwan dengan penuh kreatifitas dengan mempertahankan cita rasa Indonesia .
1.5.      Misi Usaha
Adapun misi yang kami coba terapkan adalah :
1.      Memberikan kualitas jajanan dengan resep kami yang terbaik.
2.      Memberikan pelayanan yang baik dalam berdagang
3.      Mendirikan organisasi bisnis dalam memperluas dan memperkenalkan produk lebih luas









BAB II
PEMBAHASAN

2.1.      Analisis Peluang Usaha (SWOT)
            Diketahui bahwa analisis SWOT ialah perencanaan strategi yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities),  dan ancaman (threats). Secara detail nya inilah masing-masing dari analisis peluang usaha SWOT :
2.1.1.   Kekuatan ( Strength )
a.       Penyajian Yampyus ini sangatlah mudah hanya menaruh nasi dan ayam yang sudah digoreng ke dalam box kemudian di siram oleh saus buatan Yampyus yaitu CreamJu (krim keju), Gross (green sauce), Teriyaki Sauce.
b.      Harga dari Yampyus ini murah untuk kalangan mahasiswa dan masyarakat karena harganya sendiri berkisar Rp. 13.000,00.
c.       Yampyus ini memiki rasa unik dan bernuansa baru sehingga dapat menarik perhatian orang-orang.
d.      Perlengkapan dalam berdagang Yampyus ini mudah didapatkan .

2.1.2.   Kelemahan ( Weakness )
a.       Pemilihan lokasi berdagang sangat mempengaruhi terhadap ramainya pembeli.
b.      Harga ayam dan saus disini sangat mempengaruhi terhadap tingkat produksi.

2.1.3.   Peluang ( Opportunity )
a.       Karena produk yang di dagangkan jarang diperjualbelikan di kalangan kampus bisa menjadi peluang untuk menarik perhatian masyarakat dikarenakan masyarakat tidak begitu mengetahui olahan Yampyus dengan aneka macam rasa atau bumbu.
b.      Yampyus atau olahan ayam bisa dinikmati oleh segala kalangan dan usia.
2.1.4.   Ancaman ( Threats )
Ancaman yang mungkin dihadapi yaitu ketika pelayanan kurang memuaskan dan ada orang lain yang mencoba membuka usaha YAMPYUS “Jagonya Ayam Maknyus” juga konsumen akan mencoba untuk pindah berlangganan membeli dan bisa mengancam kebangkrutan, maka dari itu ide dan kreatifitas dalam produk maupun strategi pemasaran harus kuat.

2.2.      Marketing Mix
Pengertian dari marketing mix tersebut adalah gabungan dari beberapa elemen yang dilakukan untuk menjalankan kegiatan usaha secara terpadu. Didalam marketing mix ini terdapat 4 elemen yang akan di dalami yaitu produk, price (harga), promotion (promosi) ,dan place (tempat) atau yang sering dikenal dengan marketing mix 4P . Kita lihat satu persatu elemen dari usaha dagang Yampyus ini :
2.2.1.   Product ( Produk )
Yang akan kami tawarkan adalah YAMPYUS dengan menggunakan nasi dan kuah atau saus khas bikinan kami serta menarik dan sangat lezat rasanya. Dari segi kemasan produk kami menggunakan Box berlabel usaha dagang kami yaitu Yampyus. Dari segi pelayanan kami mengutamakan kenyamanan pembeli dengan keterampilan penyajian.

2.2.2.   Price ( Harga )
Harga yang kami tawarkan untuk produk jajanan YAMPYUS kami sangatlah terjangkau di kalangan mahasiswa dan masyarakat, kami jual berkisar Rp.13.000,00

2.2.3.   Promotion ( Promosi )
Promosi yang kami lakukan dalam awal membuka usaha dagang YAMPYUS ini menggunakan informasi digital dan informasi dari mulut ke mulut dengan meminta pembeli memberi tahukan kepada rekannya tentang YAMPYUS yang kami dagangkan .

2.2.4.   Place ( Tempat )
Tempat yang menjadi sasaran utama adalah pinggir jalan raya dan dekat kampus perkuliahan, jika kita memiliki modal yang besar mungkin bisa menyewa lapak atau ruko untuk berjualan .
2.3.      Proses Produksi
2.3.1.   YAMPYUS
a.      Bahan-bahan
·         Ayam                         
·         Telor                                       
·         Tepung terigu                                     
·         Bawang Putih dan Lada        
·         Tepung Panir                                      
·         Bumbu-bumbu                                               
·         Minyak goreng           
                                                                                                                       

b.      Cara membuat
1.    Bumbu kan ayam dengan lada,bawang putih,dan garam.
2.    Lalu baluti ayam yang sudah dibumbui dengan tepung,telor,dan tepung panir.
3.    Goreng lah ayam yang telah ditepungi dengan api kecil
4.    Tunggulah sampai ayam terlihat goldenbrown
5.    Lalu angkat ayam dan tiriskan.
6.    Masukan nasi dan ayam ke dalam box.
7.    Sajikan ayam dengan menuangkan saus sesuai dengan selera.
8.    Makan pun siap disantap
2.4.      Perencanaan Keuangan
2.4.1.   Modal
Modal awal yang kami miliki berupa peralatan dagang seperti :
·         Gunting
·         Gas
·         Pisau
·         Talenan
·         Wajan
·         Capitan
·         Lap
·         Kompor portable
Dan disertai modal berupa uang yang di dapat dari patungan / kontribusi setiap anggota untuk membeli bahan-bahan dan pelengkap dalam berdagang sebesar Rp 236.000,00.
2.4.2.   Pengeluaran
Pengeluaran awal dagang berdasarkan data sementara dengan kemampuan modal kami untuk membeli bahan dan perlengkapan penyajian produk dalam satu hari . Bahan dan perlengkapan :
Ayam 1   kg                                        :  Rp. 50.000,00
Telor  ½  kg                                         : Rp. 10.000,00
Tepung terigu                                      : Rp. 12.000,00
Tepung Panir                                       : Rp. 25.000,00
Bumbu-bumbu                                    : Rp. 25.000,00
Box                                                     : Rp. 55.000,00
Minyak goreng                                    : Rp. 12.000,00
Nasi                                                     : Rp.20.000,00
Jumlah Total untuk bahan perlengkapan perhari:                                     Rp    209.000,00
            Jika di akumulasikan per bulan yaitu Rp.209.000,00 x 30 =                      Rp 6.270.000,00

Beban-beban :
·         Sewa tempat (misalkan depan toko) sebulan Rp.10.000,00 x 30 =    Rp 300.000,00
                       
            Jumlah Total untuk beban-beban lainya perbulan :                                       Rp 300.000,00
Jumlah total dari pengeluaran perbulan antara bahan baku dengan beban yaitu sekitar   Rp 6.270.000,00 + Rp 300.000,00 = Rp 6.570.000,00.

2.4.3.   Analisis Pendapatan dan Keuntungan
Analisa untuk usaha dagang Yampyus ini diambil data rata-rata per hari berjualan , yaitu sekitar Rp. 209.000,00  dari pengeluaran biaya belanja bahan perlengkapan dagang dan beban-beban . Dari bahan yang sudah tertera di atas kita dapat rata-rata kan bisa menyajikan sekitar 45 pack Jika diambil angka pahit tidak dapat habis seluruh barang yang dijual , misalkan  :
·         Yampyus 45 pack = Rp 13.000,00 x 45 = Rp 585.000,00

Jadi jumlah total penjualan 30 hari dari modal Rp. 6.270.000,00 akan mendapatkan laba kotor sekitar Rp 585.000,00 x  (30) = Rp17.550.000,00

2.4.4.   Perhitungan Keuntungan

Laba kotor – Modal

Rp 17.550.000,00 – Rp 6.270.000,00 = Rp 11.280.000,00 ( satu bulan )
Jadi , keuntungan yang didapatkan dalam satu bulan Rp 11.280.000,00     











2.5.      Laporan Laba Rugi

Usaha Yampyus
Laporan Laba Rugi
Per 30 Januari 2018
Satu Bulan
   A.    Pendapatan Usaha                                     Rp 17.550.000,00

 
   B.     Beban Usaha

1.      Beban Sewa Lapak                     Rp     300.000,00
2.      Beban Bahan Baku                     Rp  6.270.000,00

Jumlah Beban Usaha                         Rp. 6.570.000,00 -


Laba Bersih                                        Rp 10.980.000,00




BAB III
PENUTUP


Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha yampyus ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar